Merubah Lampu Motor Menjadi Terang

Posted by Dhedent Net on 09:59 AM, 13-Dec-12 • Under: Trik Otomotif

Woey ment how are U today (guayane ki lho he he) Langsung aj ment
Kali ini ane mau bahas cara Merubah Lampu Motor Menjadi Terang
Lampu penerangan merupakan Safety dan kenyamanan kita berkendaraan terutama dimalam hari (padahal admin ra tau metu wengi) mrgreen .
Ada banyak produk lampu dipasaran mulai yang termurah 10ribu hingga jutaan rupiah (Lampu HID Projector).
Jika kita berkantong pas-pasan seperti saya...hehehe...mungkin trik ini dapat menjadi solusi.
Kita sering mendengar orang bengkel menyebutkan Kiprok,
apa sebenarnya fungsi dari kiprok??
Kiprok dalam istilah elektro lebih dikenal dengan sebutan Rectifier (penyearah), konsep dasar sebenarnya sederhana, rangkaian dioda sebagai penyearah arus listrik bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC). Selain itu kiprok juga dilengkapi Regulator yang berfungsi meregulasi batasan tegangan keluar yang diijinkan motor tersebut. Regulator dengan IC LM2576 yang berfungsi mengatur tegangan keluar untuk pengisian (Charger) Aki serta membuangnya ke Ground/ Massa jika proses Charger Aki telah penuh.
Ada 2 type kelistrikan pada motor

1.Halfwave, keluaran dari spul motor biasanya memiliki 3 kabel, yang berfungsi sebagai sumber lampu utama, dan sebagai tegangan charger aki secara terpisah antara keduanya. ciri-cirinya lampu depan/ utama masih mengikuti putaran rpm mesin.
(contoh Jupiter mx, z, f1zr (oke ment) Honda Astrea, Suzuki shogun dll)

2.Fullwave/Full DC, keluaran dari spul motor biasanya memiliki 2 kabel, arus listrik yang dihasilkan cukup besar untuk men-charger accu, sehingga semua kelistrikan motor diambil dari Aki/ accu, ciri-cirinya Lampu utama bisa On tanpa mesin dihidupkan.
(contoh Honda Tiger, Yamaha Vixion, Suzuki Thunder) (f1zr ku ra mlebu ndhe) evil

Berikut cara sederhana membuat lampu lebih terang,
cukup modal hanya Rp. 500, Kebetulan saya menggunakan motor F'u alias F1zR Uedek-Uedek biggrin

Pertama Potong kabel berwarna kuning merah/ belang yang masuk ke Kiprok, berikut gambar,Soket kiprok yang dilepas
13052012%2528018%2529.jpg
dan pasangkan resistor 820 ohm 1 watt,
13052012%2528009%2529.jpg
jangan lupa diisolasi agar resistor gampang dibongkar pasang, saya gunakan tutup Fuse seperti gambar berikut,
13052012%2528017%2529.jpg
dengan menyambung kabel tambahan
wanprox.jpg
Pada experimen pertama saya menggunakan potensio/ resistor variable untuk adjustment sesuai dengan cahaya lampu yang diinginkan, dan tentunya ukur tegangan yang masuk ke lampu,

ingat ment jangan sampai melebihi toleransi dari lampu tersebut, max 16-18 volt untuk OSR*M dan Wurth bisa lebih mencapai 30Volt, serta gunakan reflector asli agar lebih awet dan tidak meleleh.

Kemudian Ane ukur kembali potensio menggunakan Multimeter, untuk mengetahui nilai resistansi yang sesuai, dan didapatlah +- 800an ohm,
Ente bisa saja menggunakan resistor 330,470,500,620,680,820,1K untuk berexperimen karena setiap jenis motor berbeda. Hati-hati menggunakan resistor diatas 1K, lampu anda bisa langsung putus (Rantas/Pedot) biggrin biggrin karena terlalu terang.
Mengapa bisa demikian?? Limit tegangan supply lampu diatur oleh kiprok. Jika kita manipulasi menggunakan resistor, maka tegangan supply ke lampu bisa lebih besar dari standarnya. Hasilnya lampu akan menyala lebih terang pada RPM yang sama, jika dibandingkan dengan tanpa manipulasi.

Bagaimana bisa question
karena kiprox menerima input yang lebih rendah dari yang seharusnya. Karena menerima tegangan yg lebih rendah, sehingga Kiprox melakukan regulasi tegangan, hasilnya tegangan ke lampu lebih besar.
Dipasaran banyak dijumpai Booster Lampu, bahkan Kiprok Khusus untuk membuat lampu 2 kali lebih terang dengan harga ratusan ribu, secara prinsip tidak berbeda..karena sama-sama menaikan arus dan tegangan sesuai batasan yang dijinkan, dengan cara ini anda bisa membuat lampu 2,3,4 kali lebih terang, konsekuensinya umur Lampu akan lebih pendek, jadi bertindak bijaklah..sesuai kebutuhan hehe he.

Selamat mencoba yo ment Semoga Bermanfaat

arrow Kurang paham di tunggu komenya ment

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

49 responses to "Merubah Lampu Motor Menjadi Terang"

seno baja [01:19 PM, 13-Dec-12]

postingannya mantap sob,,,,lampu msih ikut mesin pa langsung accu sob..,,

DhedenTanpobolo [12:19 PM, 14-Dec-12]

@seno baja,
Masih ikut mesin nuch kang..

seno baja [06:07 PM, 14-Dec-12]

trus warna kabel ane cuma ada merah.kuning ,htam n putih,mana yg hrus dipotong,,, n tlong sebut warna resistor nya untung ukurannya,,,yg dsbut kan d atas...

DhedenTanpobolo [07:27 PM, 14-Dec-12]

@Seno baja,
coba aj Yang kuning....... Untuk R nya warna cincinya ,coklat hitam,merah,emas 1 kilo tol 5%.

seno baja [10:22 PM, 14-Dec-12]

pnya q tak pake 620 tp tambahnya cuma dikit bro,,klu resistornya di dobel gmna gan?

DhedenTanpobolo [11:46 PM, 14-Dec-12]

@seno baja,
nek dobel'e podo ukurane malih piro kwi ukurane.... x2 no langsung pedot nuch mesti evil evil yo sik pas nyobo sik 1 kilo kang

seno baja [01:10 PM, 16-Dec-12]

tak cobo 1k g jauh bda ma 628 ohm,,trus ane coba sma aja sob lampu g rantas,,,ada solusi lain,,pa mungkin pengaruh lampu jupe z dobel...

Fajar Utomo [03:58 PM, 26-Feb-13]

kalau kabel pengisian aki warnanya apa? Soalnya ane udah gonta ganti kiprok , kiproknya mati terus jadi lampunya cepat putus(terlalu terang), saya sambungin aja lampunya langsung aki, biar akinya gk ngedrop gmana?

DhedenTanpobolo [09:03 PM, 26-Feb-13]

@Fajar Utomo,
Emang motornya apa sob.. confused

Fajar Utomo [04:39 PM, 27-Feb-13]

yamaha crypton 97, cdi dah tak ganti dc(mio) biar pengisian aki bagus gmana sobsmile

DhedenTanpobolo [09:14 AM, 28-Feb-13]

@Fajar Utomo, coba cari kabel dari kiprok yng ad teganganya sob/atau kabel yang menuju lampu netral,lampu sen,lampu rem... ingat..! cari yang +(Positif) kalo udah ketemu coba hudupkan motor.. dan kabel tadi coba tempelin ke body.. (tapi jangn lama" sob biggrin ) kalo ad percikan tidak terlalu besar.. Berarti itu bagus buat carger aki next langsung saja sambung ke ke aki (+) jangn lupa di beri sekring ya sob... Masih pake elektrik starter g sob..?

Fajar Utomo [02:02 PM, 01-Mar-13]

listriknya ada dua kabel sob, kuning merah dan hitam, dua duanya dicek 20 volt keatas semua , udah ganti2 kiprok gk bertahan lama, emangnya gk papa sob? dua kabel itu arusnya ac semua kalau akinya dc, stater kemarin hidup , dan sekarang gk bisa (aki drop), thnks

DhedenTanpobolo [09:15 PM, 01-Mar-13]

@Fajar Utomo,
Waduch... spul udah di cek belum sob....

Fajar Utomo [08:34 AM, 02-Mar-13]

belum sob, thnk sob

DhedenTanpobolo [09:53 PM, 02-Mar-13]

@Fajar Utomo,
Sama" sob.. kalo minat bikin kiprok reguler aja sob... nanti sklar lampu pake relai.. mudah kuk sob... klo mnat nanti saya posting..

Fajar Utomo [01:20 AM, 10-Mar-13]

ya sob , berguna tuh? Ni biar akinya gk ngedrop, dah ketemu sob pasang dioda, aki jreng terus,

maulana [11:43 AM, 11-Mar-13]

maaf bukan meremehkan, tapi ini bisa diterapkan kalo pengguna menggunakan motor pada rpm rendah...kalo menengah tinggi bisa dipastikan lampu motor putus plus indikator2nya.ini bisa terjadi karena tegangan tidak terkendali bisa lebih dari 20volt..coba aja kalau tidak percaya...

DhedenTanpobolo [08:32 AM, 12-Mar-13]

@maulana,
Sip brow mkasih atas kritikannya... kan di atas juga ada pencerahannya sob.. jadi klo mau coba" pasti pikir" dulu biggrin

DhedenTanpobolo [08:37 AM, 12-Mar-13]

@Fajar Utomo,
Wah slmat sob. klo dah nemu solusinya.. thanks ats kunjunganya

rangga [10:53 PM, 14-Apr-13]

kalo buat motor GL pro bisa ga gan di akalin, , ,
thanx,

agung [10:45 PM, 15-May-13]

bisa kh untuk mtor kawasaki zr ????

noval ae [10:17 PM, 18-May-13]

Mas broo,saya mau tanya lampu kaze r ku redup banget,gimana yaa cara nya,apa kayak yg pertama kah.

Surya [07:54 AM, 25-May-13]

gan apa sama saja dengan motor kaze zx

Ries Noe [11:29 AM, 27-May-13]

bro... gw pakai 330ohm 1/2 Watt aja lampu dah gak kuat alias mati/putus lampunya... motor gw new jupiter mx bro... apa ukuran lampunya diperbesar...??

fendi [02:32 PM, 05-Jun-13]

kabel sklar kiri acak2an bisa minta tips cara pasang kabel sklar motor astrea 800 ga

Dhedent Net [09:43 PM, 05-Jun-13]

@fendi,
Motor ap sob..

Dhedent Net [09:44 PM, 05-Jun-13]

@Ries Noe,
Lampu belakang masih g sob

Dhedent Net [09:46 PM, 05-Jun-13]

@Surya,
Wah kurang paham... ntuk kiproknya ad berapa pin sob confused

riyan [12:27 AM, 01-Jul-13]

bro.. apakah dengan menggunakan cara seperti itu sy bisa menambah lampu halogen 35 watt 2 buah??
apakah lampu akn menyala terang??

alasan saya menambah lampu halogen karena pada saat touring sy butuh penerangan tambahan utk menerangi pandangan saya saat berkendara dimalam hari...

mohon penjelasn secepatnya broo.. smile

thanks...

@triyan [10:02 PM, 06-Jul-13]

udah sy coba pake resistor mlah lampu mtr sy ndak menyala. klo resistornya dilepas lampu sy menyala.
mtr saya honda karisma 125 thn 2004.

Dhedent Net [08:40 AM, 31-Jul-13]

@riyan,
Bisa sop asal prakteknya bener..

Dhedent Net [08:41 AM, 31-Jul-13]

@@triyan,
Salah mungkin sob pemasanganya... coba cek ulang

Rahmad [02:12 PM, 01-Sep-13]

Klo untuk motor shogun sp gmn, soalnya lampunya 2, apa bisa lebih terang juga kalau ngikut cara yang diatas??

Dhedent Net [10:24 AM, 07-Sep-13]

@Rahmad,
Bisa sob asalkan benar caranya..

gugum [10:24 PM, 10-Sep-13]

Bro klo lampunya pke yg 35w,trus kiprok dah ane kasih resistor,cpet mati ngga tu lampu???

Dhedent Net [10:08 PM, 13-Sep-13]

@gugum,
Di coba sob.. berapa sich harga lampu hehehehe

memet [10:37 PM, 14-Sep-13]

Blh jg di coba...
motor sy viar star mx mesin kyknya setara dgn honda grand...
cm mesin sdh di krja...
trus lmpu belakang make led...
kira kira tdk cpt putus/lampu lednya...

sigit [01:37 AM, 28-Sep-13]

mw tanya,,motor ane shogun 125 sp,,tp kelistrikannya udah dibuat fullwave,,gimana dong,,kiprok pakai punya tiger,,,trims sebelumnya,,

ega [12:49 PM, 02-Oct-13]

klo bwt jupi burhan gmn vrooh

ega [12:50 PM, 02-Oct-13]

bwt jupi burhan gmn sob

labib ashrori [06:37 PM, 08-Oct-13]

bagaimana cara memasang dengan resistor variabelnya ?

chandra [01:38 PM, 22-Nov-13]

Gi mna sihjra bkin aa klok di kreta shogun sp 125,warna kabel ya apa saya suda coba tpi msi seperti yg dlu

haidir muhammad [12:20 AM, 04-Dec-13]

ada efek sampingnya apa kaga gan??

terus g mana kalo jupiter z 2 lamp?resistor 820 ohm 1 watt atau ganti gan?

rahmat [05:51 PM, 06-Feb-14]

untuk motor suprafit th 2004 bagusnya memakai resitor tegangan berapa ya mas ???

" soalnya di suprafit th 2004 memakaih dua bohlam untuk penerangan utama


### ditunggu masukannya mas

dony petrok [03:45 PM, 08-Mar-14]

ok ini lg mau coba, tp kalo pake HID gmana pke metode ini?

bee [03:04 PM, 26-Mar-14]

untuk motor rx king gimana sob,,motor rx saya kurang erang lampu nya mohon pencerahan nya,,,

yudhi rahman [10:41 PM, 04-Apr-14]

bang bro kalu motor ku vegar 2006 kabel nya warna apa ya bang aku ga tau.ga harus buka blok mesin kan bang bro

wil [09:12 PM, 08-Apr-14]

Siapa yang pernah nyobain di shogun 125 (spido digital) ama thunder 125?
Kasih dong comment ke gue.

Biyot [12:47 PM, 16-Apr-14]

Misi bos, numpang tanya, statr ane susah nyala pdhl dah ganti aki/acu SOLUSI'y apa gan, da yg bilang kiprok'y ada juga dinamo statr'y yg bner mana gan. Shogun 125 sp fL

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images