Merubah Lampu Motor Menjadi Terang

Diposting oleh Dhedent F1zr Mania pada 09:59, 13-Des-12 • Di: Trik Otomotif

Woey ment how are U today (guayane ki lho he he) Langsung aj ment
Kali ini ane mau bahas cara Merubah Lampu Motor Menjadi Terang
Lampu penerangan merupakan Safety dan kenyamanan kita berkendaraan terutama dimalam hari (padahal admin ra tau metu wengi) mrgreen .
Ada banyak produk lampu dipasaran mulai yang termurah 10ribu hingga jutaan rupiah (Lampu HID Projector).
Jika kita berkantong pas-pasan seperti saya...hehehe...mungkin trik ini dapat menjadi solusi.
Kita sering mendengar orang bengkel menyebutkan Kiprok,
apa sebenarnya fungsi dari kiprok??
Kiprok dalam istilah elektro lebih dikenal dengan sebutan Rectifier (penyearah), konsep dasar sebenarnya sederhana, rangkaian dioda sebagai penyearah arus listrik bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC). Selain itu kiprok juga dilengkapi Regulator yang berfungsi meregulasi batasan tegangan keluar yang diijinkan motor tersebut. Regulator dengan IC LM2576 yang berfungsi mengatur tegangan keluar untuk pengisian (Charger) Aki serta membuangnya ke Ground/ Massa jika proses Charger Aki telah penuh.
Ada 2 type kelistrikan pada motor

1.Halfwave, keluaran dari spul motor biasanya memiliki 3 kabel, yang berfungsi sebagai sumber lampu utama, dan sebagai tegangan charger aki secara terpisah antara keduanya. ciri-cirinya lampu depan/ utama masih mengikuti putaran rpm mesin.
(contoh Jupiter mx, z, f1zr (oke ment) Honda Astrea, Suzuki shogun dll)

2.Fullwave/Full DC, keluaran dari spul motor biasanya memiliki 2 kabel, arus listrik yang dihasilkan cukup besar untuk men-charger accu, sehingga semua kelistrikan motor diambil dari Aki/ accu, ciri-cirinya Lampu utama bisa On tanpa mesin dihidupkan.
(contoh Honda Tiger, Yamaha Vixion, Suzuki Thunder) (f1zr ku ra mlebu ndhe) evil

Berikut cara sederhana membuat lampu lebih terang,
cukup modal hanya Rp. 500, Kebetulan saya menggunakan motor F'u alias F1zR Uedek-Uedek biggrin

Pertama Potong kabel berwarna kuning merah/ belang yang masuk ke Kiprok, berikut gambar,Soket kiprok yang dilepas
13052012%2528018%2529.jpg
dan pasangkan resistor 820 ohm 1 watt,
13052012%2528009%2529.jpg
jangan lupa diisolasi agar resistor gampang dibongkar pasang, saya gunakan tutup Fuse seperti gambar berikut,
13052012%2528017%2529.jpg
dengan menyambung kabel tambahan
wanprox.jpg
Pada experimen pertama saya menggunakan potensio/ resistor variable untuk adjustment sesuai dengan cahaya lampu yang diinginkan, dan tentunya ukur tegangan yang masuk ke lampu,

ingat ment jangan sampai melebihi toleransi dari lampu tersebut, max 16-18 volt untuk OSR*M dan Wurth bisa lebih mencapai 30Volt, serta gunakan reflector asli agar lebih awet dan tidak meleleh.

Kemudian Ane ukur kembali potensio menggunakan Multimeter, untuk mengetahui nilai resistansi yang sesuai, dan didapatlah +- 800an ohm,
Ente bisa saja menggunakan resistor 330,470,500,620,680,820,1K untuk berexperimen karena setiap jenis motor berbeda. Hati-hati menggunakan resistor diatas 1K, lampu anda bisa langsung putus (Rantas/Pedot) biggrin biggrin karena terlalu terang.
Mengapa bisa demikian?? Limit tegangan supply lampu diatur oleh kiprok. Jika kita manipulasi menggunakan resistor, maka tegangan supply ke lampu bisa lebih besar dari standarnya. Hasilnya lampu akan menyala lebih terang pada RPM yang sama, jika dibandingkan dengan tanpa manipulasi.

Bagaimana bisa question
karena kiprox menerima input yang lebih rendah dari yang seharusnya. Karena menerima tegangan yg lebih rendah, sehingga Kiprox melakukan regulasi tegangan, hasilnya tegangan ke lampu lebih besar.
Dipasaran banyak dijumpai Booster Lampu, bahkan Kiprok Khusus untuk membuat lampu 2 kali lebih terang dengan harga ratusan ribu, secara prinsip tidak berbeda..karena sama-sama menaikan arus dan tegangan sesuai batasan yang dijinkan, dengan cara ini anda bisa membuat lampu 2,3,4 kali lebih terang, konsekuensinya umur Lampu akan lebih pendek, jadi bertindak bijaklah..sesuai kebutuhan hehe he.

Selamat mencoba yo ment Semoga Bermanfaat

arrow Kurang paham di tunggu komenya ment

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

63 tanggapan untuk "Merubah Lampu Motor Menjadi Terang"

seno baja pada 13:19, 13-Des-12

postingannya mantap sob,,,,lampu msih ikut mesin pa langsung accu sob..,,

DhedenTanpobolo pada 12:19, 14-Des-12

@seno baja,
Masih ikut mesin nuch kang..

seno baja pada 18:07, 14-Des-12

trus warna kabel ane cuma ada merah.kuning ,htam n putih,mana yg hrus dipotong,,, n tlong sebut warna resistor nya untung ukurannya,,,yg dsbut kan d atas...

DhedenTanpobolo pada 19:27, 14-Des-12

@Seno baja,
coba aj Yang kuning....... Untuk R nya warna cincinya ,coklat hitam,merah,emas 1 kilo tol 5%.

seno baja pada 22:22, 14-Des-12

pnya q tak pake 620 tp tambahnya cuma dikit bro,,klu resistornya di dobel gmna gan?

DhedenTanpobolo pada 23:46, 14-Des-12

@seno baja,
nek dobel'e podo ukurane malih piro kwi ukurane.... x2 no langsung pedot nuch mesti evil evil yo sik pas nyobo sik 1 kilo kang

seno baja pada 13:10, 16-Des-12

tak cobo 1k g jauh bda ma 628 ohm,,trus ane coba sma aja sob lampu g rantas,,,ada solusi lain,,pa mungkin pengaruh lampu jupe z dobel...

Fajar Utomo pada 15:58, 26-Peb-13

kalau kabel pengisian aki warnanya apa? Soalnya ane udah gonta ganti kiprok , kiproknya mati terus jadi lampunya cepat putus(terlalu terang), saya sambungin aja lampunya langsung aki, biar akinya gk ngedrop gmana?

DhedenTanpobolo pada 21:03, 26-Peb-13

@Fajar Utomo,
Emang motornya apa sob.. confused

Fajar Utomo pada 16:39, 27-Peb-13

yamaha crypton 97, cdi dah tak ganti dc(mio) biar pengisian aki bagus gmana sobsmile

DhedenTanpobolo pada 09:14, 28-Peb-13

@Fajar Utomo, coba cari kabel dari kiprok yng ad teganganya sob/atau kabel yang menuju lampu netral,lampu sen,lampu rem... ingat..! cari yang +(Positif) kalo udah ketemu coba hudupkan motor.. dan kabel tadi coba tempelin ke body.. (tapi jangn lama" sob biggrin ) kalo ad percikan tidak terlalu besar.. Berarti itu bagus buat carger aki next langsung saja sambung ke ke aki (+) jangn lupa di beri sekring ya sob... Masih pake elektrik starter g sob..?

Fajar Utomo pada 14:02, 01-Mar-13

listriknya ada dua kabel sob, kuning merah dan hitam, dua duanya dicek 20 volt keatas semua , udah ganti2 kiprok gk bertahan lama, emangnya gk papa sob? dua kabel itu arusnya ac semua kalau akinya dc, stater kemarin hidup , dan sekarang gk bisa (aki drop), thnks

DhedenTanpobolo pada 21:15, 01-Mar-13

@Fajar Utomo,
Waduch... spul udah di cek belum sob....

Fajar Utomo pada 08:34, 02-Mar-13

belum sob, thnk sob

DhedenTanpobolo pada 21:53, 02-Mar-13

@Fajar Utomo,
Sama" sob.. kalo minat bikin kiprok reguler aja sob... nanti sklar lampu pake relai.. mudah kuk sob... klo mnat nanti saya posting..

Fajar Utomo pada 01:20, 10-Mar-13

ya sob , berguna tuh? Ni biar akinya gk ngedrop, dah ketemu sob pasang dioda, aki jreng terus,

maulana pada 11:43, 11-Mar-13

maaf bukan meremehkan, tapi ini bisa diterapkan kalo pengguna menggunakan motor pada rpm rendah...kalo menengah tinggi bisa dipastikan lampu motor putus plus indikator2nya.ini bisa terjadi karena tegangan tidak terkendali bisa lebih dari 20volt..coba aja kalau tidak percaya...

DhedenTanpobolo pada 08:32, 12-Mar-13

@maulana,
Sip brow mkasih atas kritikannya... kan di atas juga ada pencerahannya sob.. jadi klo mau coba" pasti pikir" dulu biggrin

DhedenTanpobolo pada 08:37, 12-Mar-13

@Fajar Utomo,
Wah slmat sob. klo dah nemu solusinya.. thanks ats kunjunganya

rangga pada 22:53, 14-Apr-13

kalo buat motor GL pro bisa ga gan di akalin, , ,
thanx,

agung pada 22:45, 15-Mei-13

bisa kh untuk mtor kawasaki zr ????

noval ae pada 22:17, 18-Mei-13

Mas broo,saya mau tanya lampu kaze r ku redup banget,gimana yaa cara nya,apa kayak yg pertama kah.

Surya pada 07:54, 25-Mei-13

gan apa sama saja dengan motor kaze zx

Ries Noe pada 11:29, 27-Mei-13

bro... gw pakai 330ohm 1/2 Watt aja lampu dah gak kuat alias mati/putus lampunya... motor gw new jupiter mx bro... apa ukuran lampunya diperbesar...??

fendi pada 14:32, 05-Jun-13

kabel sklar kiri acak2an bisa minta tips cara pasang kabel sklar motor astrea 800 ga

Dhedent Net pada 21:43, 05-Jun-13

@fendi,
Motor ap sob..

Dhedent Net pada 21:44, 05-Jun-13

@Ries Noe,
Lampu belakang masih g sob

Dhedent Net pada 21:46, 05-Jun-13

@Surya,
Wah kurang paham... ntuk kiproknya ad berapa pin sob confused

riyan pada 00:27, 01-Jul-13

bro.. apakah dengan menggunakan cara seperti itu sy bisa menambah lampu halogen 35 watt 2 buah??
apakah lampu akn menyala terang??

alasan saya menambah lampu halogen karena pada saat touring sy butuh penerangan tambahan utk menerangi pandangan saya saat berkendara dimalam hari...

mohon penjelasn secepatnya broo.. smile

thanks...

@triyan pada 22:02, 06-Jul-13

udah sy coba pake resistor mlah lampu mtr sy ndak menyala. klo resistornya dilepas lampu sy menyala.
mtr saya honda karisma 125 thn 2004.

Dhedent Net pada 08:40, 31-Jul-13

@riyan,
Bisa sop asal prakteknya bener..

Dhedent Net pada 08:41, 31-Jul-13

@@triyan,
Salah mungkin sob pemasanganya... coba cek ulang

Rahmad pada 14:12, 01-Sep-13

Klo untuk motor shogun sp gmn, soalnya lampunya 2, apa bisa lebih terang juga kalau ngikut cara yang diatas??

Dhedent Net pada 10:24, 07-Sep-13

@Rahmad,
Bisa sob asalkan benar caranya..

gugum pada 22:24, 10-Sep-13

Bro klo lampunya pke yg 35w,trus kiprok dah ane kasih resistor,cpet mati ngga tu lampu???

Dhedent Net pada 22:08, 13-Sep-13

@gugum,
Di coba sob.. berapa sich harga lampu hehehehe

memet pada 22:37, 14-Sep-13

Blh jg di coba...
motor sy viar star mx mesin kyknya setara dgn honda grand...
cm mesin sdh di krja...
trus lmpu belakang make led...
kira kira tdk cpt putus/lampu lednya...

sigit pada 01:37, 28-Sep-13

mw tanya,,motor ane shogun 125 sp,,tp kelistrikannya udah dibuat fullwave,,gimana dong,,kiprok pakai punya tiger,,,trims sebelumnya,,

ega pada 12:49, 02-Okt-13

klo bwt jupi burhan gmn vrooh

ega pada 12:50, 02-Okt-13

bwt jupi burhan gmn sob

labib ashrori pada 18:37, 08-Okt-13

bagaimana cara memasang dengan resistor variabelnya ?

chandra pada 13:38, 22-Nov-13

Gi mna sihjra bkin aa klok di kreta shogun sp 125,warna kabel ya apa saya suda coba tpi msi seperti yg dlu

haidir muhammad pada 00:20, 04-Des-13

ada efek sampingnya apa kaga gan??

terus g mana kalo jupiter z 2 lamp?resistor 820 ohm 1 watt atau ganti gan?

rahmat pada 17:51, 06-Peb-14

untuk motor suprafit th 2004 bagusnya memakai resitor tegangan berapa ya mas ???

" soalnya di suprafit th 2004 memakaih dua bohlam untuk penerangan utama


### ditunggu masukannya mas

dony petrok pada 15:45, 08-Mar-14

ok ini lg mau coba, tp kalo pake HID gmana pke metode ini?

bee pada 15:04, 26-Mar-14

untuk motor rx king gimana sob,,motor rx saya kurang erang lampu nya mohon pencerahan nya,,,

yudhi rahman pada 22:41, 04-Apr-14

bang bro kalu motor ku vegar 2006 kabel nya warna apa ya bang aku ga tau.ga harus buka blok mesin kan bang bro

wil pada 21:12, 08-Apr-14

Siapa yang pernah nyobain di shogun 125 (spido digital) ama thunder 125?
Kasih dong comment ke gue.

Biyot pada 12:47, 16-Apr-14

Misi bos, numpang tanya, statr ane susah nyala pdhl dah ganti aki/acu SOLUSI'y apa gan, da yg bilang kiprok'y ada juga dinamo statr'y yg bner mana gan. Shogun 125 sp fL

Dhedent Net pada 20:22, 25-Apr-14

@Biyot,
Bisa jadi bendik/relainya kotor/minta ganti brow... Cek aja 2kabel dari dinamo langsung sambung aja ke aki,,, kalo nyala. berarti dinamo+ acu gak masalah, kalo gak nyala cek dinamo mungkin brostel/arangnya abis... Moga membantu

Dhedent Net pada 20:27, 25-Apr-14

@all intinya cuma ngasih hambatan pada jalur ke masa dari Kiprok, untuk motor lain silahkan cari sendiri jalur ke masa. Kasih hambatan sesuai kebutuhan, Oke semoga bisa di mengerti,

heri pada 19:52, 08-Mei-14

di motor mio ane.
udh ganti dioda dr ukuran rendah sampai yg besar g ngaruh. padahal lampu ori dari yamaha. ?

Mukhlis pada 16:47, 11-Mei-14

Om bisa minta nomor atw pin ga , saya kurang faham nih ..

Dickhy nk pada 23:40, 16-Mei-14

Kalau tdk pake aki bisa ngga?...

heri wibowo pada 13:52, 21-Mei-14

Gan,motor ane Mx new,gimana cara merubahnya,soalnya mx,lampu menyala setelah motor di hidupkan alias tanpa saklar,mhn penjelasanya_-

abdush pada 14:53, 22-Mei-14

Bro mo nanya ,Fiz R Sya abis ganti spul,dikasih lampu 12 volt putus,24 volt ga terang sama sekali.

yanto pada 18:48, 23-Mei-14

mas bro..
kalo kabel kuning kiputus trus dikasih resistor apa gak mempengaruhi tegangan pengisian?
mohon pencerahan

Adjigile pada 18:10, 20-Jun-14

Mas brow. motor ane CS 1. klw di kasih resistor di kabel warna kuning apakah tidak berpengaruh di spedometer digital atw klistrikan lainya. mohon pencerahanya. di tunggu scepatnya smile

fadli pada 23:17, 28-Jun-14

Bro kalo lampu buat motor kharisma resistor ukuran brp ya soalnya ane mau gnti hid , ane mau aki supaya awet gan gmn caranya ?

kdk pada 09:57, 30-Jun-14

klo motor kymco metyca bisa ngak mas brow..??? <br />
dan apa sama caranya??

agus pada 10:01, 02-Agu-14

langsung bisa di coba boz.....makasih infonya. smile smile smile

irfanmaulana pada 21:05, 06-Agu-14

bro klo motor kawasaki kaze r untuk lampu bisa terang,pake resistor brp?dan warna apa?

agoes pada 08:23, 01-Sep-14

Bro..
Kalau lampu. Fiz R di salurin ke accu bisa gk?????.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar